Minggu, Agustus 04, 2013
0


ABSTRAK


Gambaran Pengetahuan Ibu Yang Pernah Bersalin di BPS Ny. Erna Eny 
Desa Sukoanyar Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri
Tentang Perawatan Bayi Ikterus Fisiologis
Tahun 2008


Nama Mahasiswa : Azizatur Rosyidah
Pembimbing I : Dwi Estuning Rahayu, S.Pd.S.Kep.Ners.
Pembimbing II : Koekoeh Hardjito, S.Kep.Ners.M.Kes.


Ikterus neonatus fisiologis merupakan gejala normal dan sering dialami bayi baru lahir yang terjadi pada 2 – 4 hari setelah bayi lahir dan akan sembuh pada hari ke-7. Meski cukup umum terjadi, hal ini tidak dapat diremehkan karena kadar bilirubin yang terus meningkat tanpa dikendalikan bisa menempel di otak bayi sehingga meyebabkan bayi menderita penyakit otak kuning yang bisa menghalangi perkembangan motorik dan sensorik anak beberapa tahun kemudian. Dengan demikian, ibu perlu tahu mengenai perawatan bayi ikterus fisiologis agar bayi mendapatkan perawatan yang sesuai sehingga tidak terjadi komplikasi tersebut. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk mengetahui “Gambaran Pengetahuan Ibu Tentang Perawatan Bayi Ikterus Fisiologis”.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pengetahuan ibu tentang perawatan bayi ikterus fisiologis secara umum serta mengetahui gambaran pengetahuan ibu tentang penyinaran bayi dengan cahaya matahari pagi, asuhan dasar bayi muda, dan kewaspadaan terhadap tanda – tanda komplikasi ikterus neonatorum. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua ibu yang mempunyai bayi usia 0 – 1 tahun yang pernah mengalami ikterus fisiologis dan pernah bersalin di BPS Ny. Erna Eny Desa Sukoanyar Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Jumlah sampel sebesar 17 responden. Data yang diperoleh ditabulasi dengan memberi skor kemudian diprosentasekan, setelah itu dikelompokkan.

Hasil penelitian ini menunjukkan gambaran pengetahuan ibu tentang perawatan bayi ikterus fisiologis dengan kriteria baik sejumlah 1 responden (5,9%), kriteria cukup sejumlah 11 responden (64,7%), kriteria kurang sejumlah 2 responden (11,8%) dan kriteria tidak baik sejumlah 3 responden (17,7%). Dengan hasil yang cukup baik ini hendaknya perlu dipertahankan dan ditingkatkan lagi dengan meningkatkan pemberian informasi kesehatan yang terus berkembang, serta menjelaskan pada setiap ibu post partum mengenai masalah – masalah dalam perawatan bayi dan cara mengatasinya, sehingga diharapkan pengetahuan meningkat menjadi lebih baik.


Download disini

0 komentar:

Posting Komentar