Senin, Agustus 05, 2013
0




ABSTRAK


GAMBARAN PENGETAHUAN IBU YANG BEKERJA TENTANG
PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF DI DESA WONOCATUR
KECAMATAN GAMPENGREJO
KABUPATEN KEDIRI
Peneliti : Ika Yeni Kristiyanti

NIM : 0502200055
Pembimbing I : Sumy Dwi Antono, S.Kep.Ners, SH
Pembimbing II : Koekoeh Hardjito, S.Kep.Ners.

Menyusui secara eksklusif merupakan cara pemberian makan bayi yang alamiah. Namun seringkali ibu-ibu kurang mendapatkan informasi bahkan seringkali mendapat informasi yang salah tentang manfaat ASI eksklusif. Kurangnya pengetahuan tentang ASI belum dipahaminya secara tepat dan benar oleh ibu dan keluarga atau lingkungannya. Kekeliruan persepsi tentang susu formula, serta kurangnya pembekalan pengetahuan dari petugas kesehatan dapat menyebabkan ibu memutuskan untuk tidak menyusui, oleh karena itu pemberian ASI yang ideal pada bayi dapat dicapai dengan cara menciptakan pengertian, menambah pengetahuan serta dukungan dari lingkungan sehingga ibu-ibu dapat menyusui secara eksklusif. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui gambaran pengetahuan ibu yang bekerja tentang pemberian ASI eksklusif di Desa Wonocatur Kecamatan Gampengrejo Kabupaten Kediri pada tanggal 13-20 Juli 2008.

Desain penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif yaitu suatu metode penelitian dengan tujuan utama membuat gambaran tentang sesuatu keadaan secara obyektif. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu yang bekerja yang mempunyai bayi usia 0-6 bulan di Desa Wonocatur Kecamatan Gampengrejo Kabupaten Kediri yang berjumlah 12 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah ibu yang bekerja yang mempunyai bayi usia 0-6 bulan di Desa Wonocatur Kecamatan Gampengrejo Kabupaten Kediri yang berjumlah 12 orang. Teknik sampling adalah total sampling. Alat ukur yang digunakan adalah angket yang bersifat tertutup. Data yang diperoleh ditabulasi dengan memberikan skor setelah itu dikelompokkan serta dianalisa yaitu dengan menggunakan analisis kualitatif.

Dari hasil penelitian diperoleh, bahwa pengetahuan ibu yang bekerja tentang ASI Eksklusif pada bayi usia 0-6 bulan di Desa Wonocatur Kecamatan Gampengrejo Kabupaten Kediri adalah berpengetahuan cukup dengan prosentase 50%.

Download dsini

0 komentar:

Posting Komentar